ShoutMix chat widget

Sabtu, 22 Januari 2011 | 1/22/2011 09:19:00 PM | 0 Comments

Definisi Kabel Data



EIDE ( Enhanced Integrated Drive Electronics) merupakan kontroler hard disk yang paling umum karena sudah digunakan secara luas sejak tahun 1990. Hard disk IDE masih menggunakan koneksi kabel Paralel ATA (PATA).

PATA (PARALEL ATA)

Kabel pada ATA-100 mendukung transfer data hingga 100 MBps, sedangkan ATA-133 mendukung transfer data 133 MBps.

Ada dua buah kabel IDE yang bisa ditancapkan pada motherboard. Kabel IDE yang ditancapkan pada konektor IDE1 disebut dengan primary, sedangkan pada IDE2 disebut secondary.

Tiap konektor mendukung dua alat, yaitu master dan slave. Master dan Slave tidak ditentukan olek kontroler kabelnya melainkan oleh setting jumper pada hard disk. Selain HDD, kabel IDE juga digunakan pada CD, DVD.

SATA (SERIAL ATA)

Generasi pertama adalah SATA 150 mendukung kecepatan 150 MBps. Untuk pemakaian biasa, tidak ada kenaikan performa signifikan antara PATA dengan SATA150. Hard disk SATA tidak memerlukan konfigurasi jumper (master/slave)

Parameter SATA 1 SATA 2 SATA 3

Frekuensi (GHz) 1.5 3.0 6.0

Transfer Data (Mbyte/s) 150 300 600

Tahun 2002 2004 None

Penjelasan Mengenai Apa Itu SATA

SATA atau Serial ATA (Advanced Technology Attachment) adalah interface drive generasi berikutnya, sebagai lanjutan dari model tradisional Paralel ATA (PATA). PATA telah baku dan telah terlayani dengan baik, tetapi juga memiliki kelemahan. Kabel terbatas pada 18 inci (46 cm) panjangnya sering membuat koneksi sulit dan juga tersumbat, sedangkan pendingin tidak bekerja maksimal. Meskipun kabel bulat tersedia, drive PATA (Ultra ATA/133) yang paling canggih hanya mempunyai transfer rate maksimum paralel 133 MB /ps.

Keunggulan utama Serial ATA lumaya jauh berbeda dari pendahulunya. Kabel sangat tipis dengan konektor 7-pin kecil. Mereka bisa sampai 3 kaki (1 meter) panjangnya, dan mudah dialihkan untuk tetap berada di luar cara yang memungkinkan aliran udara maksimum dalam casing. SATA juga memiliki kebutuhan daya yang jauh lebih rendah hanya 250 mV dibandingkan dengan kebutuhan 5-volt PATA, dan dengan tegangan inti chip menurun, ini pertanda masa depan SATA lebih baik. Serial ATA tidak jauh beda dengan Master/Slave dan konfigurasi jumper drive. Setup sangat sederhana, dan teknologi bahkan memungkinkan hot-swapping, yang berarti drive dapat dihapus atau ditambahkan sementara komputer berjalan.

Namun, fitur yang paling menjanjikan Serial ATA adalah bahwa dia menghilangkan batas transfer sebagaimana penyakit PATA. Generasi pertama memiliki transfer rate maksimum 150 MBps, dan SATA generasi kedua memberikan 300 MBps. Sebuah generasi ketiga SATA ditetapkan tahun 2009, “SATA 6Gb/s akan memberikan sekitar dua kali kecepatan iterasi SATA sebelumnya.

Dengan kecepatan transfer pengantar begitu dekat dengan kecepatan Ultra ATA/133 yang ada, peningkatan kinerja dunia nyata diabaikan untuk SATA generasi pertama, meskipun harga drive sebanding dengan drive PATA, membuat transisi ke teknologi baru pilihan yang baik ketika upgrade. Motherboard dengan interface SATA dan PATA terpadu banyak tersedia untuk mengakomodasi kedua jenis drive, dan tidak ada larangan untuk menggunakan kedua jenis dalam sistem yang sama. Serial ATA juga merupakan pilihan yang baik untuk RAID dan diperuntukkan agar pada akhirnya dapat menggantikan PATA.

Untuk sistem yang lebih tua, SATA controller pihak ketiga dapat ditempatkan dalam slot PCI, sebaiknya Anda membeli drive SATA. (A paralel Ultra ATA drive juga dapat digunakan melalui adaptor PATA-ke-SATA, meskipun kinerja drive akan menerima pukulan menurun, karena adaptor harus menerjemahkan aliran data dari paralel ke serial.) Jika upgrade motherboard anda, beli yang menyediakan SATA agar memungkinkan kemudahan penggunaan untuk drive SATA masa depan bahkan jika drive saat ATA telah dihapus.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright BLOG Of Cah IT © 2011 - All right reserved