ShoutMix chat widget

Minggu, 17 April 2011 | 4/17/2011 01:54:00 AM | 0 Comments

Tips Memilih Harddisk External (Portable)

Jika anda seperti kebanyakan orang, Anda pasti pernah mengalami hal yang satu ini. Merasakan kapasitas simpan di harddisk Pc kita yang semakin lama semakin berkurang dan apalagi sampai kehabisan kapasitas dengan cepatnya tanpa anda sadari atau dengan kesadaran anda.

Sebenarnya ini tidak mengherankan,ya? Mengingat file-file,video-video dari internet, koleksi foto hasil jepretan kamera digital yang sangat tinggi resolusinya,plus software-software ataupun aplikasi-aplikasi menarik yang sering atau selalu anda unduh, sunting, dan pakai , itu semua teruh bertambah dan sementara kapasitas harddisk anda perlu ditambah.

            Kalau sudah begini yee,, solusi yang paling praktis adalah dengan menambah sebuah harddisk portable, alias External. Mengapa ? mengapa ? saya bilang praktis, sebab tidak perlu repot-repot lagi buka casing dan menghubungkan kabel harddisk ke motherboard.

Praktis, Ringkas,Efisien kan?

tinggal koneksikan saja harddisk portable ke port usb/FireWire komputer via kabel yang disediakan, dan anda sudah mendapat tambahan kapasitas penyimpanan, yang mungkin saja lebih besar dibandingkan harddisk yang bercokol dalam  komputer anda. Juga  tidak perlu pasang power supply tambahan. Mudah dan cepat bukan?

Udah dulu dech basa-basinya, ntar bikin mata ngantuk lagi..
lanjutkan!!
Harddisk portable, sesuai namanya, tentu mudah dibawa-bawa, termasuk dimasukan dalam saku celana, karena bentuknya yang ringkas. Biasanya nich, harddisk portable datang disertai dengan software backup, karena atau emang fungsi harddisk portable –tadinya – adalah sebagai software backup. Maka dari itu, HD( (harddisk)ane singkat biar gug kepanjangan ye!) portable juga berfungsi sebagai pemulih(Restorer) data dan file jika file yang asli Terkorupsi, karena virus misal.
jadi, APA YANG PERLU DIPERHATIKAN?
dipasar banyak sekali pilihan HD portable, antara lain A-Data, Buffalo, lomega, Imation, LaCie, Maxtor, Qnap, Samsung, Seagate, Toshiba, Transcend, dan Wesrtern Digital,Fujitsu. Fisik harddisk portable masa kini mungil, cantik, dan kasitas kian besaR. Ada yang mengemas harddisk 1,8”, ada yang 2,5”, juga ada  3,5”. Tinggal pilih yang mana yang anda ingin dan butuhkan.
Nah, agar Anda,ente,you-you, dan sejenisnya repot mikirin apa saja yang harus dipertimbangkan saat membeli harddisk portable, Berikut Tips,panduannya saat anda berbelanja HD portable.

1. Kapasitas (kapasitas simpan file maksimuM)

            kapasitas simpan harddisk bervariasi, mulai dari 40 GB sampai 500 GB. Namun kini juga sudah muncul HD portable yang 1,5 TB(TeraByte) mantap tuh!. Jika anda banyak bekerja dengan file video dan grafis, saya sarankan untuk memilih HD portable dengan kapasitas terbesar yang bisa anda beli.
Sekilas info : HD portable yang ditujukan pada notebook/mini notebook hadir dalam dua ukuran: 2,5” dan 1,8”. Namun anda juga tidak dilarang memilih yang ukuran 3,5”, kendati yang satu ini lazimnya ditujukan pada PC desktop. Tentu kenyamanan membawanya akan berbeda. Selain itu Ukuran juga mempengaruhi Harga HD portable, sebab makin kecil makin mahal.

2. Kecepatan putar drive

            Kecepatan putar disk sebagian ditentuka oleh kecepatan laju data, dan dinyatakan dalam rpm(rotation per minute). Umumnya harddisk portable berputar pada kecepatan 5400rpm.

3. Besar buffer atau cache

            Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar dari 2MB – 16MB. Semakin besar ukuran buffer, semakin banyak data yang bisa disimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah HD portable, semakin mahal pula harga HD portablenya.

4. Fitur Recovery

            tadi sudah ane jelasin bahwa fungsi HD portable adalah backup dan recovery, jadi pilihlah HD portable yang memiliki (dilengkapi) Fitur ini. Mengapa? Karena fitur ini berguna disaat file-file anda mengalami kerusakan  atau korupsi data akibat hilangnya asupan listrik secara tiba-tiba, ataupun akibat serangan ViruS. Melalui fitur recovery, anda bisa memulihkan data yang hilang/ rusak.

5. Kemampuan PnP (Plug and Play)

            tancapkan kabelnya dan HD portable langsung bisa dipakai( namanya juga portable jadi uga usah instal-instalan driver lagi) begitulah maksud dari PnP. Kemampuan PnP khususnya diperlukan jika anda bermaksud menggunakan satu HD portable di beberapa komputer – PC di kantor, netbook di luar kantor, atau notebook di rumah, ataupun di Wifi area yang biasa ditempati buat penongkrong OL. Hehehhe  ^ ^

Ya terimah kasih telah membaca info dari saya moga-moga berguna dan bermanfaat!
AMIN,,,,,
            sekian and WASampun.

         

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright BLOG Of Cah IT © 2011 - All right reserved