ShoutMix chat widget

Selasa, 19 April 2011 | 4/19/2011 07:56:00 AM | 0 Comments

Tips merawat CD/DVD/HD-DVD/Blu-Ray Agar Lebih Awet-Tahan lama





Compact Disk (CD) adalah media pemimpanan yang umum digunakan baik untuk menyimpan data sementara dan dapat dibawa dengan mudah/portable sebagai media media penyimpanan data backup.
            walaupun kegunaannya CD agak tergeser dengan adanya DVD,HD-DVD dan bahkan Blu-Ray, namun  keempat media penyi mpanan ini masih memiliki kualitas yang hampir sama dan perbedaan hanya terletak pada kapasitas penyimpanannya. DVD, HD-DVD dan Blu-Ray berkapasitas lebih besar dari CD. Tetapi cara penggunaan/ penyimpanan/ perawatannya tetaplah sama.

Berikut ini Tips merawat CD dan DVD:

1. Perhatikan warna lapisan pemantul                                                                                    
agar cd dan dvd saat ditulis dan dibaca tidak mengalami masalah, anda dianjurkan mencari CD/DVD yang lapisan pemantulnya berwarna silver (perak) atau agak keemasan. Anda jangan pernah memilih pemantul yang berwarna warni (biru, merah apalagi hitam). Sebab lapisan pemantul ini berperan dalam pembacaan data dari CD/DVD yang telah ditulis. CD/DVD yang berwarna-warni kemungkinan tidak ada kendala saat penulisan (write) oleh CD/DVD burner, namun ada kemungkinan akan susah saat dibaca.

2. Bakar di bawah kecepatan maksimum
bakarlah (burn) CD/DVD yang anda beli dibawah kecepatan maksimum yang tercantum di software burner ( NERO, MAGICISO,ROXIO,ULTRAISO, dsb). Jangan pernah percaya tentang kecepatan maksimum yang tertulis pada label CD/DVD, sebab meskipun tertulis 52x, tapi seringkali setelah dianalisa oleh CD/DVD burner melalui software burner,biasanya nilai akan turun. Itu hanya untuk kebutuhan kompatibilitas pembacaan, pilih kecepatan burning 10x/12x saja atau kecepatan minimum itu lebih baik. Selain itu, hal ini juga dapat mengantisipasi  apabila CD/DVD tersebut akan dibaca dari device CD/DVD ROM dengan spesifikasi baca(read) lebih rendah – yang masih banyak digunakan oleh CD/DVD ROM.

3. Isian data jangan sampai full
            usahakan ketika pengisian data jangan sampai full, berilah ruang kosong (free space ) beberapa mega byte.

4. Simpan dalam plastik khusus (CD Bag)
            setelah dibakar/dibaca, usahakan CD/DVD disimpan ke dalam plastik khusus untuk menghindari debu atau goresan. Simpan CD/DVD ditempat yang kering dan gelap, usahakan jangan lembab atau terkena sinar matahari langsung karena akan merusak lapisan pemantul sehingga CD/DVD sulit dibaca.

5. Jangan ditekan
            jangan menulis label CD/DVD dengan menekan, usahakan dengan spidol permanen pada bagian depan labelnya. Sebab saya pernah mengalami kerusakan di dalam CD-RW  setelah menulisi label dengan bulpoint. Lebih baik lagi jangan menulisi labelnya karena khawatir tinta akan menembus dan merusak data yang telah di burn di dalamnya. Karena data yang telah diburn akan menempel tepat dibawah labelnya,jadi jangan sampai bagian atas dan bawah tergores usahakan yee!

6. Perhatikan Cara Membersihkannya
            sebelum dimasukan untuk dibaca usahakan CD/DVD dibersihkan dari debu dan gunakan kain halus yang biasa digunakan untuk membersihka kaca mata. Hindari penggunaan tissue (basah dan kering) atau baju untuk membersihkanya karena dapat membuat…..( pasti anda tau). Dan jika anda memiliki CD/DVD yang masih dibutuhkan tapi jarang digunakan pastikan 3 minggu sekali atau sebulan sekali sempat sempatkan untuk membersihkan/ mengelapnya.sebab jika jarang digunakan CD/DVD akan rusak dan menguning di bagian bawah labelnya.

terima kasih telah membaca tips dari saya ini. Moga moga bermanfaat,, amin…

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright BLOG Of Cah IT © 2011 - All right reserved